Dalam dunia semakin maju seperti saat ini, pilihan dalam
menentukan jurusan sangat penting untuk menjamin akan kemana pemikiran
seseorang dalam meniti karir di masa depan. Banyak sekali pelajar yang
mencari prospek masa depan jurusan,
entah itu tentang kesulitan materi, kesesuaian dengan minat dan tentunya
mengenai prospek kerja.
Banyak orang memilih jurusan hanya ikut-ikutan atau cuma
memilih jurusan yang favorit dengan harapan mendapatkan prospek masa depan
cerah. Namun sayang sekali tidak diiringi dengan mencari informasi mengapa saya
memilih jurusan itu, padahal tidak sesuai dengan bakat dan minat kita.
Kesalahan fatal ini menyebabkan mereke merasa salah jurusan, tetapi apadaya
sudah terlanjur masuk, dan lebih parahnya lagi mereka memaksa diri untuk
menyukai serta memaksa untuk lulus di jurusan tersebut, akibatnya banyak dari
mereka setelah lulus merasa tidak mendapatkan apa-apa, merasa tidak seharusnya
memilih jurusan tersebut. Menyesal? Ya pastilah belakangan.
Kali ini saya akan mencoba menjabarkan salah satu jurusan
yang memiliki prospek masa depan yang baik. Bagi anda yang sedang menyusun skala prioritas pemilihan jurusan
pemsaran, mungkin hal ini dapat menambah nilai pertimbangan kenapa memilih
jurusan pemasaran, atau manajemen pemasaran.
1.
Semua perusahaan membutuhkan seorang pemasaran
Entah itu perusahaan kecil sampai sekala internasional pasti
membutuhkan pemasaran. Sebelum meluncurkan produk, perusahaan pastinya akan
melakukan riset pasar, menentukan STP (segmenting,
targeting, potitioning) dan analisis SWOT, nah kalian akan diajarkan hal
tersebut jika memilih jurusan pemasaran.
Posisi yang bisa kalian tempati jika memilih jurusan pemasaran pada saat
bekerja di perusahaan sangatlah banyak. Misalkan manajer pemasaran, kepala
toko, HRD, atau dalam devisi promosi, seperti personal selling, direct selling,
humas, dan lain sebagainya masih banyak lagi.
2.
Strategi pemasaran
Perusahaan membutuhkan pemasaran saat memilih strategi apa
yang akan mereka pilih dalam meluncurkan setiap produknya. Misalkan seperti
smartphone asal china xiaomi, mereka memilih strategi pemasaran hanya secara online, jarang sekali xiaomi membuka
gerai resmi atau memberi sponsor. Akan sangat berbeda dengan rivalnya
smartphone asal china juga oppo, dia sangat gencar sekali melakukan pemasaran
secara offline dengan membuka gerai
resmi diberbagai daerah.
Contoh diatas memberikan gambaran kepada kita, bahwa
strategi marketing sangat dibutuhkan perusahaan dalam mendapatkan peluang untuk
memasarkan produknya.
3.
Meluncurkan produk dengan teknologi baru
Teknologi sangat cepat berkembang, agar mereka bisa
mendapatkan keuntungan pada setiap teknologi baru yang ditemukan, peran
pemasaran sangat penting menentukan kapan saatnya produk dengan teknologi baru
ini akan dipasarkan secara global. Kenapa hal tersebut sangat penting,
dikarenakan, jika mereka tidak mempertimbangkan pada saat yang tepat, bisa jadi
penemu teknologi baru tersebut bisa lebih miskin dari pada lawan nya yaitu
plagiaor, atau produk KW nya.
Misalkan saja produk Samsung, secara bertahap mereka
meluncurkan produk dengan inovasi yang terus berkembang setiap tahun.
Masyarakat dibuat kagum dengan teknologi mengaggumkan milik Samsung dengan
stratgi pemasaran yang professional.
4.
Semua Negara/kota membutuhkan pemasaran
Setiap kota tentu menginginkan pendapatan dari berbagai
macam sumber dana, salah satu yang cukup besar adalah melalui pariwisata dengan
banyaknya wisatawan kota tersebut akan mendapatkan pendapatan guna mendongkrak
pembangunan dan perkembangan kota tersebut. Bagaimanapun juga kota/Negara harus
bisa memasarkan wilayahnya agar wisatawan tertarik.
Melalui City Branding, sebuah kota seharusnya memiliki ciri
khas yang diunggulkan untuk menarik wisatawan. Misalkan kota Batu memalui
Shining Batu nya bisa mengantarkan kota tersebut sebagai salah satu kota
pariwisata yang terkenal di jawa timur dengan buah apel nya. Selain kota Batu
jika kita mencermati, kota-kota diseluruh Indonesia dan Dunia berlomba-lomba
menjadikan kota mereka menjadi ciri khas tersendiri.
Dari sini kita bisa tarik kesimpulan bahwa, setiap kota
diseluruh dunia pun membutuhkan seorang yang ahli pemasaran guna memasarkan
branding kota-kota tersebut.
5.
Belajar kewirausahaan
Jika kalian tidak puas dengan bekerja di perusahaan orang
lain atau lembaga, kalian juga diajarkan untuk menjadi wirausaha. Yaitu menjadi
bos dalam usaha kalian sendiri. Indonesia merupakan Negara yang luas dengan
sumber daya yang melimpah, akan tetapi kenapa banhyak perusahaan asing yang
menjadi mayoritas menguasai sumber daya Indonesia?. Disinilah peran pemuda,
jangan anggap remeh menjadi wirausaha adalah ikut serta dalam pembangunan Negara.
Dengan wirausaha, kalian tidak lagi membutuhkan pekerjaan
akan tetapi kalianlah yang membuka lapangan pekerjaan. Dalam jurusan pemasaran,
kita diajarkan untuk mandiri dan terampil dalam bidang marketing. Kalian juga dibekali dengan praktikum simulasi bisnis,
sehingga merasakan langsung bagaimana memulai usaha, riset pasar, kegagalan
usaha, dan perencanaan jangka panjanng. Selain itu kalian juga dibekali bekerja
diperusahaan orang yaitu magang, guna merasakan bagaimana rasanya bekerja di
perusahaan dan instansi pemerintah.
_________________________
Namun pastinya hal diatas harus diringi kerja keras dan
kerja cerdas untuk mendukung pribadi kalian menjadi seorang yang memang dibutuhkan. Ibarat produk diri kita juga harus memiliki nilai jual di pasar kerja,
oleh karena itu memasarkan diri sangat penting demi menadapatkan kredibilitas
dan kualitas diri menjadi seorang pemasaran.
Sehingga kalian nanti tidak kaget jika ditanya pada saat
wawancara perusahaan “kenapa kami harus
menerima anda. Apa kelebihan anda untuk perusahaan kami?”. Kalian dengan
lancar bisa menjawab jika memang memiliki nilai jual yang tinggi.
Namun akan sangat berbeda jika kalian memilih pilihan berwirausaha,
menjadi bos diri kalian sendiri. Dan akhir kata selamat mencoba!.
Jika kalian suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan
komentar jika ada pertanyaan dan request menuliskan sesuatu.. ..
Bagikan
5 alasan Kenapa memilih jurusan pemasaran - (Pendidikan Tata Niaga)
4/
5
Oleh
Mansur Hidayat
4 komentar
Tulis komentaroh jadi gitu ya gan. di poin 5 itu alasan yang paling banyak. soalnya adik ane kyak gitu heheh . Nice info bang
Replyaku pengen banget loh ngambil kuliah jurusan pemasaran. kayaknya keren banget, apalagi buat dunia usaha. mksh kak infony. jdi tambah semangat
ReplyPilih Jurusan mana ya, jadi bingun untik kuliahnya nanti Hhh
Replypengennya sihh TKJ
Reply