Jumat, 25 Agustus 2017

5 alasan Kenapa memilih jurusan pemasaran - (Pendidikan Tata Niaga)


Dalam dunia semakin maju seperti saat ini, pilihan dalam menentukan jurusan sangat penting untuk menjamin akan kemana pemikiran seseorang dalam meniti karir di masa depan. Banyak sekali pelajar yang mencari  prospek masa depan jurusan, entah itu tentang kesulitan materi, kesesuaian dengan minat dan tentunya mengenai prospek kerja.

Banyak orang memilih jurusan hanya ikut-ikutan atau cuma memilih jurusan yang favorit dengan harapan mendapatkan prospek masa depan cerah. Namun sayang sekali tidak diiringi dengan mencari informasi mengapa saya memilih jurusan itu, padahal tidak sesuai dengan bakat dan minat kita. Kesalahan fatal ini menyebabkan mereke merasa salah jurusan, tetapi apadaya sudah terlanjur masuk, dan lebih parahnya lagi mereka memaksa diri untuk menyukai serta memaksa untuk lulus di jurusan tersebut, akibatnya banyak dari mereka setelah lulus merasa tidak mendapatkan apa-apa, merasa tidak seharusnya memilih jurusan tersebut. Menyesal? Ya pastilah belakangan.

Kali ini saya akan mencoba menjabarkan salah satu jurusan yang memiliki prospek masa depan yang baik. Bagi anda yang sedang menyusun skala prioritas pemilihan jurusan pemsaran, mungkin hal ini dapat menambah nilai pertimbangan kenapa memilih jurusan pemasaran, atau manajemen pemasaran.

1.       Semua perusahaan membutuhkan seorang pemasaran
Entah itu perusahaan kecil sampai sekala internasional pasti membutuhkan pemasaran. Sebelum meluncurkan produk, perusahaan pastinya akan melakukan riset pasar, menentukan STP (segmenting, targeting, potitioning) dan analisis SWOT, nah kalian akan diajarkan hal tersebut jika memilih jurusan pemasaran.

Posisi yang bisa kalian tempati  jika memilih jurusan pemasaran pada saat bekerja di perusahaan sangatlah banyak. Misalkan manajer pemasaran, kepala toko, HRD, atau dalam devisi promosi, seperti personal selling, direct selling, humas, dan lain sebagainya masih banyak lagi.

2.       Strategi pemasaran
Perusahaan membutuhkan pemasaran saat memilih strategi apa yang akan mereka pilih dalam meluncurkan setiap produknya. Misalkan seperti smartphone asal china xiaomi, mereka memilih strategi pemasaran hanya secara online, jarang sekali xiaomi membuka gerai resmi atau memberi sponsor. Akan sangat berbeda dengan rivalnya smartphone asal china juga oppo, dia sangat gencar sekali melakukan pemasaran secara offline dengan membuka gerai resmi diberbagai daerah.

Contoh diatas memberikan gambaran kepada kita, bahwa strategi marketing sangat dibutuhkan perusahaan dalam mendapatkan peluang untuk memasarkan produknya.

3.       Meluncurkan produk dengan teknologi baru
Teknologi sangat cepat berkembang, agar mereka bisa mendapatkan keuntungan pada setiap teknologi baru yang ditemukan, peran pemasaran sangat penting menentukan kapan saatnya produk dengan teknologi baru ini akan dipasarkan secara global. Kenapa hal tersebut sangat penting, dikarenakan, jika mereka tidak mempertimbangkan pada saat yang tepat, bisa jadi penemu teknologi baru tersebut bisa lebih miskin dari pada lawan nya yaitu plagiaor, atau produk KW nya.

Misalkan saja produk Samsung, secara bertahap mereka meluncurkan produk dengan inovasi yang terus berkembang setiap tahun. Masyarakat dibuat kagum dengan teknologi mengaggumkan milik Samsung dengan stratgi pemasaran yang professional.

4.       Semua Negara/kota membutuhkan pemasaran
Setiap kota tentu menginginkan pendapatan dari berbagai macam sumber dana, salah satu yang cukup besar adalah melalui pariwisata dengan banyaknya wisatawan kota tersebut akan mendapatkan pendapatan guna mendongkrak pembangunan dan perkembangan kota tersebut. Bagaimanapun juga kota/Negara harus bisa memasarkan wilayahnya agar wisatawan tertarik.

Melalui City Branding, sebuah kota seharusnya memiliki ciri khas yang diunggulkan untuk menarik wisatawan. Misalkan kota Batu memalui Shining Batu nya bisa mengantarkan kota tersebut sebagai salah satu kota pariwisata yang terkenal di jawa timur dengan buah apel nya. Selain kota Batu jika kita mencermati, kota-kota diseluruh Indonesia dan Dunia berlomba-lomba menjadikan kota mereka menjadi ciri khas tersendiri.

Dari sini kita bisa tarik kesimpulan bahwa, setiap kota diseluruh dunia pun membutuhkan seorang yang ahli pemasaran guna memasarkan branding kota-kota tersebut.

5.       Belajar kewirausahaan
Jika kalian tidak puas dengan bekerja di perusahaan orang lain atau lembaga, kalian juga diajarkan untuk menjadi wirausaha. Yaitu menjadi bos dalam usaha kalian sendiri. Indonesia merupakan Negara yang luas dengan sumber daya yang melimpah, akan tetapi kenapa banhyak perusahaan asing yang menjadi mayoritas menguasai sumber daya Indonesia?. Disinilah peran pemuda, jangan anggap remeh menjadi wirausaha adalah ikut serta dalam pembangunan Negara.

Dengan wirausaha, kalian tidak lagi membutuhkan pekerjaan akan tetapi kalianlah yang membuka lapangan pekerjaan. Dalam jurusan pemasaran, kita diajarkan untuk mandiri dan terampil dalam bidang marketing. Kalian juga  dibekali dengan praktikum simulasi bisnis, sehingga merasakan langsung bagaimana memulai usaha, riset pasar, kegagalan usaha, dan perencanaan jangka panjanng. Selain itu kalian juga dibekali bekerja diperusahaan orang yaitu magang, guna merasakan bagaimana rasanya bekerja di perusahaan dan instansi pemerintah.

_________________________
Namun pastinya hal diatas harus diringi kerja keras dan kerja cerdas untuk mendukung pribadi kalian menjadi seorang yang memang dibutuhkan. Ibarat produk diri kita juga harus memiliki nilai jual di pasar kerja, oleh karena itu memasarkan diri sangat penting demi menadapatkan kredibilitas dan kualitas diri menjadi seorang pemasaran.

Sehingga kalian nanti tidak kaget jika ditanya pada saat wawancara perusahaan “kenapa kami harus menerima anda. Apa kelebihan anda untuk perusahaan kami?”. Kalian dengan lancar bisa menjawab jika memang memiliki nilai jual yang tinggi.

Namun akan sangat berbeda jika kalian memilih pilihan berwirausaha, menjadi bos diri kalian sendiri. Dan akhir kata selamat mencoba!.


Jika kalian suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan komentar jika ada pertanyaan dan request menuliskan sesuatu.. ..

Bagikan

Jangan lewatkan

5 alasan Kenapa memilih jurusan pemasaran - (Pendidikan Tata Niaga)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

4 komentar

Tulis komentar
avatar
17 September 2017 pukul 14.15

oh jadi gitu ya gan. di poin 5 itu alasan yang paling banyak. soalnya adik ane kyak gitu heheh . Nice info bang

Reply
avatar
18 September 2017 pukul 11.56

aku pengen banget loh ngambil kuliah jurusan pemasaran. kayaknya keren banget, apalagi buat dunia usaha. mksh kak infony. jdi tambah semangat

Reply
avatar
19 September 2017 pukul 06.29

Pilih Jurusan mana ya, jadi bingun untik kuliahnya nanti Hhh

Reply