Jumat, 03 November 2017

Bosan Kuliah? Lakukan Lima Kegiatan Berikut ini


Merasa bosan dalam perkuliahan bukanlah hal yang tabu, bahkan wajar saja terjadi, rutinitas yang seperti kaset rusat terulang begitu seterusnya merupakan hal yang sangat wajar dihadapi oleh mahasiswa. Apalagi bagi kamu salah satu mahasiswa kupu-kupu (kuliah – pulang kuliah – pulang) seperti tiada kesibukan lain seperti tidur dikosan atau sibuk dengan handphone.

Rasa bosan bisa datang dari mana saja, dan hal tersebut sangatlah mengganggu dalam kelangsungan perkuliahan mahasiswa. Saat dosen mengajar pun tidak merasa konsentrasi (walaupun terkadang dosen seperti ceramah) namun tetap saja, jika kalian semangat perkuliahan kalian akan terasa lebih menyenangkan.

Beberapa hal yang mungkin kalian wajib terapkan agar semangat kalian kembali

1.       Cari masalah
Kalian tidak salah baca, dalam saat-saat tertentu hal ini terbukti ampuh membuat rasa bosan kalian terobati. Misalkan dengan sengaja tidur di bangku paling depan saat dosen kalian mengajar, sudah jelas dosen akan memberikan nasihat gratis kepada kalian. Selain itu kalian juga bisa dengan sengaja datang terlambat pada dosen killer, selain mendapat teguran tidak boleh masuk kelas jika hati kalian masih memiliki kesadaran yang tinggi “merasa bersalah” akan menjadikan kalian pribadi yang lebih baik.

Setelah kalian mendapatkan ceramah dosen saat itu juga kalian akan merasa malu saat itu juga, nah dengan rasa malu tersebut kalian bisa membuktikan kepada dosen ataupun teman kalian bahwa sebenarnya kalian bisa menguasai materi pelajaran. Yang menjadi masalah jika hati sudah keras, tidak memiliki rasa malu hal diatas sangat tidak dianjurkan.

2.       Ikut Organisasi
Mengikuti organisasi tertentu membuat waktu senggang kalian terkuras habis, dengan sedikitnya waktu senggang yang dimiliki skala prioritas diperlukan untuk membagi kegiatan kuliah dan organisasi, merasa tertekan membuat kalian menjadi lebih dewasa dan belajar banyak hal.

Selain mendapatkan ilmu perkuliahan kalian juga mendapatkan banyak ilmu dari kegiatan organisasi dan salah satu hal yang paling penting didapatkan dalam organisasi adalah relasi atau hubungan kalian dengan mahasiswa lain. Tapi jangan sampai terlena dengan sibuknya organisasi malah membuat kalian menjadi mahasiswa abadi. Wkwkwk

3.       Ikuti berbagai kegiatan
Kegiatan yang dimaksud adalah acara tertentu yang dapat kalian ikuti seperti seminar, talk show, bedah buku dan lain sebagainya. Sekarang jamannya serba mudah mendapatkan berbagai info kegiatan, bisa dari social media ataupun website penyedia kegiatan di kota perkuliahan mu. Banyak juga kok yang gratisan. Bisa dipilih juga kegiatan apa yang ingin kalian ikuti.

Jika semangat kuliah kalian menurun, bisa mengikuti acara seperti motivasi dan bedah buku. Kalau memang lagi suntuk galau bisa ikut acara kontes maupun konser. Dengan demikian motivasi untuk kuliah akan kembali semangat dengan mengikuti acara tersebut.

4.       Jalan – jalan
Siapa sih yang ndak mau jalan – jalan, dengan mengisi waktu tertentu untuk berlibur bisa membangkitkan mood kalian kembali untuk kuliah. Dengan me – refresh kembali dengan mengunjungi berbagai tempat, bertemu dengan seseorang, melihat sesuatu yang menabjukkan bisa menstimulus kerja otak kalian menjadi lebih segar.

Tentu saja banyak cara yang kalian bisa lakukan, tidak harus dengan wisata mahal, bisa dengan mengunjungi berbagai tempat gratis seperti taman kota ataupun jalan – jalan di cra free day setiap minggu pagi.

5.       Telvon ibu mu
Cara yang terakhir adalah dengan kembali mengingat apa tujuan kalian kuliah dari kampong halaman. Kalian bisa mengisinya dengan telvon orang tua, Saat kalian di Tanya “sedang apa disana” kalau kalian menjawab sedang tidur atau nganggur di kos an tentu membuat hati orng tua bersedih “nelangsa”.

Atau kalian bisa sejenak kembali untuk menginjakkan kaki di kampong halaman (pulkam), dengan kegiatan tersebut jika dirumah kalian Cuma nganggur tentu merasa tidak enak dengan orang tua ataupun tetangga yang melihat, mengingat banyak teman kalian seumuran yang sudah bekerja dan mencari uang ehh kalian masih enak – enakan tiduran dirumah tentu merasakan hal yang kurang nyaman.

____________________________
Nah setelah kegiatan itu kalian lakukan saatnya mengingat kembali akan kemana arah dan tujuan kalian menimba ilmu disini. Sehingga apapun yang kalian hadapi akan kembali menjadi semangat.

Akhir kata, #salamMahaiswa

Semoga cepat lulus ^_^

Bagikan

Jangan lewatkan

Bosan Kuliah? Lakukan Lima Kegiatan Berikut ini
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.