Pendidikan
Islam sebagai ilmu, mempunyai ruang lingkup yang luas. Karena di dalamnya
banyak aspek yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung yang
mempengaruhi tumbuh kembang peserta didik dan perkembangan karakter sangat
dipengaruhi oleh ruang lingkup pendidikan. Sebagaimana dikatakan Nur Uhbiyati
(1997:16), adapun ruang lingkup pendidikan Islam adalah:
1. Perbuatan mendidik
Perbuatan
mendidik hal ini dimasudkan yaitu seluruh kegiatan yang berkaitan atau
dilakukan oleh pendidik kepada anak didiknya, dan erat kaitannya dengan
pembinaan yang memberikan pertolongan atau arahan menuju tujuan pendidikan Islam.
Perbuatan pendidikan adalah hasil nyata dari tindakan pendidikan yang membawa
siswa ke dalam sistem pembelajaran.
2. Anak didik
Anak
didik adalah obyek yang paling penting dalam pendidikan, karena yang terlibat
langsung atau selaku aktor utama dalam proses pendidikan. Usaha apapun dari
seorang pendidik hanyalah ingin menjadikan anak didiknya kepada tujuan
pendidikan Islam yang diinginkan dan di cita-citakan. Anak didik sebagai
pencari ilmu (tolabul ’ilmi) merupakan keutamaan, dalam Islam menuntut ilmu
adalah sebuah keharusan.
3. Dasar dan tujuan pendidikan Islam
Dasar
dari pendidikan Islam yaitu sumber dari segala kegiatan pendidikan yang
mengarahkan akan kemana anak didik akan dibawa. Berdasarkan asas atau landasan
pendidikan Islami yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah, tergambar dengan jelas arah
dan tujuan pendidikan Islami yakni membangun insan berada dalam tatanan yang
diridhai Allah dengan menjadikan Rasulullah sebagai teladan, sehingga mendapat
kebahagiaan dunia dan akhirat. Sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an menyuruh
pada hambanya untuk senantiasa berdo’a: “Ya
Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat dan peliharalah kami
dari siksa api neraka”. (QS. Al-Baqarah: 201).
4. Pendidik
Pendidik
adalah subyek yang mengemban amanah melaksanakan pendidikan Islam. Baik maupun
buruk seoarang pendidik akan berpengaruh besar terhadap hasil pendidikan Islam.
Sebagaimana dikatakan (Winarno, 2014:148) pendidik berperan penting dalam dunia
pendidikan, bahkan seringkali pendidikan yang lain menjadi kurang berarti
apabila tidak disertai dengan kualitas pendidik yang memadai.
5. Materi pendidikan Islam
Materi
adalah bahan atau pengalaman-pengalaman ilmu agama Islam yang disusun untuk
disajikan kepada siswa sebagai bekal menjalani hidup. Isi yang diajarkan pada
siswa diharapkan untuk merubah sikap-sikap yang sesuai dengan norma agama dan
menambah pengetahuan yang sesuai dengan pembelajaran yang direncanakan. Seperti
yang dikatakan (abdussalam, 2011:59) bahwa pendidikan Islami memberikan layanan
pendidikan secara utuh, menyeluruh dan seimbang pada seluruh aspek pertumbuhan
dan perkembangan manusia dan masyarakat.
6. Metode pendidikan Islam
Metode
adalah cara yang digunakan guru untuk menyampaika materi pendidikan Islam yang
telah disusun, agar mudah dipahami oleh siswa guru harus pandai-pandai memiliki
berbagai metode pembelajaran, sehingga tidak monoton dalam penyampaian materi dan ada kesan tersendiri dari
siswa untuk senantiasa mendengarkan materi yang disampaikan. Ada banyak metode
yang telah diterapkan salah satunya metode ceramah yang paling umum digunakan.
7. Evaluasi pendidikan
Evaluasi
pendidikan yaitu memuat cara-cara yang digunakan untuk menilai hasil
pembelajaran Islam agar tujuan pendidikan Islam tercapai. Dengan evaluasi
pendidikan yang telah dilaksnakan dapat diketahui, dan sebagai penilaian untuk
perbuatan yang dilakukan untuk kedepannya, jika berjalan baik akan terus
dilakukan tetapi jika tidak berjalan dengan baik, maka perlu ada tindakan yang
dilakukan untuk merubah metode maupun kurikulum agar tujuan dari pendidikan Islam
tercapai.
8. Alat pendidikan
Alat
pendidikan Islam diartikan sebagai sesuatu yang dilakukan untuk menghasilkan
proses pendidikan. Alat pendidikan digunakan dalam rangka meningkatkan
interaksi edukatif antara guru dan siswa guna mempermudah dalam penyampaian
materi oleh guru. Alat pendidikan bisa merujuk pada benda-benda maupun
perbuatan yang mendukung agar proses pendidikan berjalan dengan baik dan sesuai
tujuan dari pendidikan Islam.
9. Lingkungan pendidikan
Lingkungan pendidikan Islam
adalah keadaan-keadaan yang ikut berpengaruh dalam pelaksanaan serta hasil
pendidikan Islam. Lingkungan pendidikan sangat besar pengaruhnya dalam
membentuk kepribadian siswa, sehingga hendaklah diupayakan agar lingkungan
belajar senantiasa tercipta sehingga mendorong siswa untuk lebih giat belajar.
Ada tiga lingkungan yang berpengaruh pada siswa dalam pembentukan karakter
maupun dalam bidang akademik, menurut Winarno (2014:97) lingkungan pendidikan terjadi dalam keluarga (informal), dalam
masyarakat (non formal) dan dan sekolah (formal).
Bagikan
Ruang Lingkup Pendidikan Islam Sebagai Dasar Pembetukan Karakter Siswa SD
4/
5
Oleh
Unknown