Jumat, 03 November 2017

Ruang Lingkup Pendidikan Islam Sebagai Dasar Pembetukan Karakter Siswa SD


Pendidikan Islam sebagai ilmu, mempunyai ruang lingkup yang luas. Karena di dalamnya banyak aspek yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung yang mempengaruhi tumbuh kembang peserta didik dan perkembangan karakter sangat dipengaruhi oleh ruang lingkup pendidikan. Sebagaimana dikatakan Nur Uhbiyati (1997:16), adapun ruang lingkup pendidikan Islam adalah:

1.      Perbuatan mendidik
Perbuatan mendidik hal ini dimasudkan yaitu seluruh kegiatan yang berkaitan atau dilakukan oleh pendidik kepada anak didiknya, dan erat kaitannya dengan pembinaan yang memberikan pertolongan atau arahan menuju tujuan pendidikan Islam. Perbuatan pendidikan adalah hasil nyata dari tindakan pendidikan yang membawa siswa ke dalam sistem pembelajaran.

2.      Anak didik
Anak didik adalah obyek yang paling penting dalam pendidikan, karena yang terlibat langsung atau selaku aktor utama dalam proses pendidikan. Usaha apapun dari seorang pendidik hanyalah ingin menjadikan anak didiknya kepada tujuan pendidikan Islam yang diinginkan dan di cita-citakan. Anak didik sebagai pencari ilmu (tolabul ’ilmi) merupakan keutamaan, dalam Islam menuntut ilmu adalah sebuah keharusan.

3.      Dasar dan tujuan pendidikan Islam
Dasar dari pendidikan Islam yaitu sumber dari segala kegiatan pendidikan yang mengarahkan akan kemana anak didik akan dibawa. Berdasarkan asas atau landasan pendidikan Islami yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah, tergambar dengan jelas arah dan tujuan pendidikan Islami yakni membangun insan berada dalam tatanan yang diridhai Allah dengan menjadikan Rasulullah sebagai teladan, sehingga mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat. Sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an menyuruh pada hambanya untuk senantiasa berdo’a: “Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka”. (QS. Al-Baqarah: 201).

4.      Pendidik
Pendidik adalah subyek yang mengemban amanah melaksanakan pendidikan Islam. Baik maupun buruk seoarang pendidik akan berpengaruh besar terhadap hasil pendidikan Islam. Sebagaimana dikatakan (Winarno, 2014:148) pendidik berperan penting dalam dunia pendidikan, bahkan seringkali pendidikan yang lain menjadi kurang berarti apabila tidak disertai dengan kualitas pendidik yang memadai.

5.      Materi pendidikan Islam
Materi adalah bahan atau pengalaman-pengalaman ilmu agama Islam yang disusun untuk disajikan kepada siswa sebagai bekal menjalani hidup. Isi yang diajarkan pada siswa diharapkan untuk merubah sikap-sikap yang sesuai dengan norma agama dan menambah pengetahuan yang sesuai dengan pembelajaran yang direncanakan. Seperti yang dikatakan (abdussalam, 2011:59) bahwa pendidikan Islami memberikan layanan pendidikan secara utuh, menyeluruh dan seimbang pada seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan manusia dan masyarakat.

6.      Metode pendidikan Islam
Metode adalah cara yang digunakan guru untuk menyampaika materi pendidikan Islam yang telah disusun, agar mudah dipahami oleh siswa guru harus pandai-pandai memiliki berbagai metode pembelajaran, sehingga tidak monoton dalam penyampaian materi dan ada kesan tersendiri dari siswa untuk senantiasa mendengarkan materi yang disampaikan. Ada banyak metode yang telah diterapkan salah satunya metode ceramah yang paling umum digunakan.

7.      Evaluasi pendidikan
Evaluasi pendidikan yaitu memuat cara-cara yang digunakan untuk menilai hasil pembelajaran Islam agar tujuan pendidikan Islam tercapai. Dengan evaluasi pendidikan yang telah dilaksnakan dapat diketahui, dan sebagai penilaian untuk perbuatan yang dilakukan untuk kedepannya, jika berjalan baik akan terus dilakukan tetapi jika tidak berjalan dengan baik, maka perlu ada tindakan yang dilakukan untuk merubah metode maupun kurikulum agar tujuan dari pendidikan Islam tercapai.

8.      Alat pendidikan
Alat pendidikan Islam diartikan sebagai sesuatu yang dilakukan untuk menghasilkan proses pendidikan. Alat pendidikan digunakan dalam rangka meningkatkan interaksi edukatif antara guru dan siswa guna mempermudah dalam penyampaian materi oleh guru. Alat pendidikan bisa merujuk pada benda-benda maupun perbuatan yang mendukung agar proses pendidikan berjalan dengan baik dan sesuai tujuan dari pendidikan Islam.

9.      Lingkungan pendidikan

Lingkungan pendidikan Islam adalah keadaan-keadaan yang ikut berpengaruh dalam pelaksanaan serta hasil pendidikan Islam. Lingkungan pendidikan sangat besar pengaruhnya dalam membentuk kepribadian siswa, sehingga hendaklah diupayakan agar lingkungan belajar senantiasa tercipta sehingga mendorong siswa untuk lebih giat belajar. Ada tiga lingkungan yang berpengaruh pada siswa dalam pembentukan karakter maupun dalam bidang akademik, menurut Winarno (2014:97) lingkungan pendidikan terjadi dalam keluarga (informal), dalam masyarakat (non formal) dan dan sekolah (formal).

Bagikan

Jangan lewatkan

Ruang Lingkup Pendidikan Islam Sebagai Dasar Pembetukan Karakter Siswa SD
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.