Kamis, 28 September 2017

5 Alasan Kenapa Kuliah tidak Menjamin Sukses dalam Dunia Kerja


Seringkali dipahami bahwa pendidikan yang lebih tinggi dari orang tuanya adalah indicator kesuksesan anak. Sukses dalam bidang akademik mungkin iya, namun apakah sukses dalam bidang lain, misalkan pekerjaan yang layak atau memiliki sikap attitude yang baik? Tidak ada yang menjamin. Pendidikan di Indonesia kebanyakan masih memakai cara lama walaupun dalam kurikulum terbaru (K-13) disebutkan penilaian sikap (afektif) sangat ditekankan, namun dalam realisasinya tidak demikian. Pun dalam dunia perguruan tinggi jika kamu kuliah hanya akan dituntut menjadi orang pintar bukan di didik untuk menjadi orang baik.

Lebih lagi dalam urusan pekerjaan yang layak, sarjana menganggur meningkat setiap tahunnya, belum lagi perguruan tinggi kebanyakan hanya mementingkan dunia kampus menjadi ladang bisnis (berorientasi bisnis), coba perhatikan setiap tahunnya selalu membuka jurusan baru atau quota mahasiswa tambahan, terlebih pada saat memasuki pendaftaran mahasiswa baru, promosi kampus sangat gencar dilakukan. Ketika sudah masuk perguruan tinggi ternyata biasa-biasa saja.

Berikut saya jabarkan beberapa alasan kenapa kamu tidak harus kuliah.

1.       Gelar sarjana tidak menjamin kamu kerja
Meskipun SMA sederajat juga tidak menjamin kerja, namun gelar sarjana menjadi hal berat di mata masyarakat, karena mereka sudah memiliki title sebagai lulusan mahasiswa, kebanyakan gengsi untuk mulai bekerja kecil-kecilan. Pola pikir mahasiswa hampir seragam, kuliah yang rajin - segera lulus – dapat nilai terbaik – bekerja yang layak. Benarkah demikian? Nyatanya dalam dunia kerja bukan gelar yang diutamakan tetapi lebih “Pengalaman” apa yang berguna untuk menerima mereka bekerja dalam persahaan.

Karena memang mahasiswa di bangku perkuliahan tidak diajarkan siap untuk bekerja, materi yang disampaikan pun akan sangat berbeda jika kamu memasuki dunia kerja. Mau bagaimana pun ketika lulus kuliah harus memulai lagi dari 0 untuk belajar dalam dunia kerja.

2.       Materi pelajaran gratis
Di zaman sekarang ini, semuanya serba instan dan bisa dipelajari di internet, yang perlu dilakukan hanya niat untuk belajar banyak hal. Pembelajaran di kampus kebanyakan hanya berbasis konseptual, jangan heran jika semua materi ada di Internet, bahkan beberapa kampus menyediakan materi, jurnal penelitian dan buku-buku secara gratis bisa diakses melalui internet. Bukan lagi rahasia umum mahasiswa pun ketika diberi tugas oleh dosen hanya kopas materi di internet.

3.       Banyak yang tidak kuliah bisa sukses
Memang dalam dunia saat ini kemampuan dirilah yang paling penting dalam menunjang karir di masa yang akan datang. Ketika steve jobs menemukan apple pun dia drop out dari kampus dan banyak penemu yang tak memakan bangku perkuliahan. Bahkan ada lelucon, gelar sarjana hanya mengantarkan menjadi pegawai di perusahaan anak SD. tak perlu diragukan lagi, jika ingin berwirausaha tidak memerlukan sekolah tinggi, hanya keberanian untuk memulai dan terus belajar setiap saat (learning by doing).

4.       kampus tidak melayani maksimal
seperti yang telah saya singgung sebelumnya, kampus hanya berorientasi bisnis, maklum kita hidup di zaman kapitalistik. Jangan heran saat belum masuk perguruan tinggi kita seperti membayangkan dunia kampus adalah mereka yang memiliki pemikiran inovatif dan penemuan-penemuan baru, nyatanya idak demikian. Kampus juga bukan satu-satunya tempat menimba ilmu selepas kamu SMA.

Pelayanan dan fasilitas pun terkadang tidak memadai, buku perpustakaan hanya mengenai materi-materi terdahulu yag ditulis ulang oleh penulis lain, atau mirisnya buku-buku perpustakaan yang tak pernah tersentuh masih juga banyak didapati di setiap sudut perpustakaan. Atas alas an tersebut kita bisa berfikir, apakah memang sepadan dengan uang yang kita bayarkan? Apakah kampus telah tuntas mendidik kita menjadi seseorang yang berintelektualitas? Apakah kampus hanya menjaja ilmu pengetahuan untuk pintar-pintar meyakinkan kita untuk membayar sejumlah uang hanya dengan embel-embel world class university?

5.       Ilmu kamu belum tentu ke pake
Dalam dunia pendidikan tinggi, diajarkan beragam materi yang justru tidak kamu terapkan dalam dunia kerja. Pendidikan hanya mengajarkan untuk sukses, tetapi mereka tidak dibekali ilmu kegagalan, dalam dunia bisnis beberapa pengusaha sangat paham dengan hal ini, karena kegagalanlah yang akan mengantarkan mereka menuju kesuksesan, jika tidak ada kegagalan justru mereka tidak mencoba hal baru.

Terlebih lagi, ilmu yang kalian dapat selama 4 tahun atau lebih tersebut dalam dunia kerja kalian harus memulainya dari nol lagi.

________________________
Demikianlah beberapa alasan yang bisa kalian pertimbangkan lagi ketika masuk perguruan tinggi, bukan bermaksud untuk menyuruh kalian tidak kuliah, tetapi memberikan informasi berupa pengalaman yang mungkin berguna untuk menentukan pilihan kalian.

Satu yang pasti, pilihan kalian menentukan masa depan


Sampai jumpa ^_^

Bagikan

Jangan lewatkan

5 Alasan Kenapa Kuliah tidak Menjamin Sukses dalam Dunia Kerja
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.